Parenting is not a race

Nor a competition…

Lagi baru kenaikan kelas kan, ada yang naik tingkat juga dari TK ke SD ke SMP ke SMA 😉 Selamat ya, kita sebagai orang tua, naik level juga 😄 dari orang tua anak SD atau orang tua anak SD kelas 6 atau orang tua anak SMA mungkin?

Well, saya sering banget baca ‘perang’ antar ibu, tapi ya sekedar baca aja, kalaupun mengalami, (*terutama kalo lagi baper 😅) ya nanti juga berlalu. Tapi topik yang mau saya ceritakan ini, ga cuma jadi domainnya Ibu-Ibu, bahkan Bapak-Bapak.

Sekolah ternyata juga bisa jadi ajang ‘adu kehebatan’ antar orang tua. Padahal ga lucu loh (*serius ga lucu), topik-topik parenting dijadikan bahan pamer. Hampir pasti, diskusinya jadi lomba, kemudian berakhir dengan bete dan munculah ucapan “emang sekolah dia yang paling bagus?” 😆

Contoh ya..Bapak D, Bapak E, dan Bapak F ngobrol di satu ruangan…

D : “Anak gw akhirnya gw sekolahin di SMP XYZ”

E : “Kenapa ga sekolah di SMP ABC? ABC sekolah bagus lho”

D : “Ah, ngapain? Sekolah uang pangkal hampir 100 juta, SPP per bulan hampir 7 juta. Emang bisa jadi apa?”

E : “Anak gw sih bakal gw sekolahin disitu. Jelas, semuanya bagus”

F : “Kalo gw milih sekolah, pastinya harus ada dasar agama. Hidup jaman sekarang, kan seram”

D : “Tapi sekolah agama sama aja. Mending anak gw sekolah di sekolah ini, dua bahasa pengantarnya. Jaman sekarang bahasa Inggris penting banget!”

Dan seterusnya…dan seterusnya…tapi diiringi dengan “mending gw…” atau “buat apa sekolah mahal…” atau kalimat-kalimat persaingan sejenis 😆😆 oya dan yang saya ceritakan ini…nyata! Kemudian salah satu akan cerita ke orang lain lagi tentang yang lain, sambil komentar lagi soal pilihan-pilihan teman bicaranya tadi. 

Begini ya, menurut saya pilihan-pilihan orang tua itu, sangat bergantung sama kondisi keluarga masing-masing. Pertimbangannya menurut saya sangat personal, jadi ya ga bisa dibandingkan benar salah atau bagus jelek. Perdebatannya mungkin dilakukan seminggu full juga ga akan selesai 😅😅😅😅😅

Keluarga D merasa sekolah agama penting, ga bisa dibandingkan dengan keluarga E yang bilang sekolah internasional penting. Sama seperti kita yang dulu memilih jurusan waktu SMA, mau IPA, IPS, atau Bahasa, kembali ke pilihan masing-masing.

Tapi memang ada sih orang tua yang suka pamer 😆 Tujuannya macem-macem, ada yang mungkin ingin menunjukkan kemampuan ekonominya, atau mau show up kemampuannya mendidik anak, atau ada yang sekedar sharing.

Nah, kita mau jadi yang mana?

#day103

Leave a comment